Rabu, 24 Februari 2010


Kata kebersihan pastinya bukanlah kata yang asing di telinga kita. Kata ini berasal dari kata bersih sebagai bentuk kata sifat sedangkan kata kebersihan merupakan bentuk kata benda. Dalam kehidupan beragama, terutama agama islam, kebersihan sangat ditekankan sekali. Ini terbukti dengan banyaknya ayat-ayat alquran dan hadis-hadis yang mengajarkan dan menekankan pentingnya kebersihan. Mungkin salah satu jargon atau kata-kata mutiara yang paling dikenal (sebagian orang mengatakan sebuah hadist) adalah “kebersihan sebagian dari iman “. Dari kata-kata ini kita bisa melihat betapa pentingnya suatu kebersihan sehingga kebersihan itu menjadi bagian dari iman seseorang sehingga kita bisa mengambil sedikit kesimpulan bahwa seandainya ada orang yang tidak menjaga dan mencintai kebersihan maka patut dipertanyakan kemana sebagian imannya.
Ada beberapa keterangan atau hadis lain lagi yang membahas mengenai kebersihan salah satunya adalah yang diriwayatkan oleh perawi hadist yang terkenal, yang artinya “ tidaklah masuk surga kecuali orang-orang yang bersih”. Betapa luar biasanya agama islam menekankan tentang pentingnya kebersihan bagi pemeluknya hingga islam pun “mengancam” tidak akan memasukan pemeluknya ke dalam surga-tempat tujuan terakhir yang diidam-idamkan oleh manusia yang percaya akan adanya Tuhan- seandainya tidak menjaga kebersihan.
SO satu kalimat terakhir dari saya jagalah kebersihan diri dan lingkungan anda maka anda telah memenuhi sebagian iman dan mengamankan kunci tiket masuk surga. insyaallah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar